oleh

Kasdim 0804/Magetan Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan Dan Lahan Karhutla Tahun 2024

Magetan.kabarberitanews.com – Pemerintah Kabupaten Magetan menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA) Tahun 2024 sekitaran Gunung Bancak, bertempat di Aula Kantor Desa Pupus Kec. Lembeyan, Kab. Magetan. Jumat (13 September 2024)

 

Kegiatan Sosialisasi sebagai upaya menyadarkan bagi seluruh masyarakat, terlebih yang berada di wilayah sekitaran Gunung Bancak diantaranya Kecamatan Lembeyan, Kecamatan Kawedanan dan Kecamatan Parang.

 

Hadir dalam kegiatan Sosialisasi sebagai Narasumber Kasdim 0804/Magetan Mayor Kav Nanang Choirudin, Kepala BPBD Kab. Magetan Bpk. Jaka Risdianto SH. M. Si, Kanit II Reskrim Polres Magetan Ipda Dedy Nurawan SH, Kades Pupus, Kades Tapen dan Kades Krowe, Babinsa, Bhabinkamtibmas, warga masyarakat sekitaran lereng Gunung Bancak sebanyak 130 orang.

 

Kepala BPBD Kab Magetan Bpk Jaka Risdianto SH M.Si dalam sambutan dan arahannya saat pembukaan Sosialisasi menyampaikan bahwa Bapak Bupati Magetan dan Forkopimda telah berkomitmen untuk melakukan pencegahan KARHUTLA di seluruh Wilayah Kabupaten MagetanTahun 2024 ini, yang salah satunya adalah memberikan edukasi terus menerus kepada masyarakat tentang pencegahan KARHUTLA. Giat upaya pencegahan berupa kegiatan edukasi, sosialisasi, inventarisasi lahan yang terbakar, kesiapsiagaan infrastruktur penyiraman lahan rawan kekeringan serta giat pemasangan himbauan yang melibatkan pelaku usaha, peningkatan peran serta masyarakat dan pemberdayaan.

 

Pada kesempatan yang sama Kasdim 0804/Magetan Mayor Kav Nanang Choirudin selaku Nara Sumber pada Kegiatan sosialisasi pencegahan ini menyampaikan bagian dari upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar turut aktif bersama-sama para pihak menjaga dan mengolah tanahnya,  melakukan pemantauan dan tindakan dini dalam upaya pemadaman bila terjadi kebakaran, agar api bisa ditanggulangi sebelum membesar. Seluruh elemen masyarakat diharapkan waspada dan melakukan pencegahan dini saat memasuki musim kemarau. Berdasarkan informasi dan data dari BMKG sampai dari bulan Juni sampai bulan September 2024 cuaca Kabupaten Magetan masih musim Kemarau sehingga cenderung puncak akan terjadi Pembakaran Hutan dan Lahan harus sama-sama kita waspada ujarnya.

 

Pada kesempatan yang sama juga Kanit II Reskrim Polres Magetan Ipda Dedy Nurawan menyampaikan Kebakaran Hutan dan Lahan tidak bisa hanya ditangani oleh satu institusi saja, namun harus dilakukan secara bersama untuk mengambil peran masing-masing baik itu pemerintah, swasta maupun masyarakat. Lurah dan Camat sebagai ujung tombak diberikan tugas untuk melakukan edukasi pemahaman tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan khususnya di wilayah sekitaran Gunung Bancak Kecamatan Lembeyan, Kecamatan Kawedanan dan Kecamatan Parang. Pungkas Kasdim 0804/magetan (R 04)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed