Danramil 0804/01 Magetan Hadiri Pegelaran Wayang Kulit “Aji Narantaka” Memperingati Haul Syekh Mageti ke-2

Berita, Daerah14 views

Magetan.kabarberitanews.com – Danramil Tipe B 0804/01 Magetan jajaran Kodim 0804/Magetan Kapten Arm Khoirudin menghadiri pelaksanaan kegiatan Pegelaran Wayang Kulit dengan Lakon “Aji Narantaka” dalam rangka memperingati Haul Syekh Mageti ke-2 Kab. Magetan bertempat di Halaman Pendopo Alun alun Magetan, Jln. Basuki Rahmat Selatan Kelurahan Magetan Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan. Rabu malam(16-10-2024)

 

Hadir dalam kegiatan Pegelaran Wayang Kulit dengan lakon “Aji Narantaka” dalam rangka memperingati Haul Syekh Mageti ke-2 Kab. Magetan tersebut antara lain Drs Beny Andrean , M.SI (Pj. Sekda Magetan), Kyai Ahmad Rusyandi, Jajaran Asisten dan Staf Ahli Kab. Magetan, Kepala OPD terkait Kab. Magetan, Bpk. Yudo Wahyono, S.Sos, M.Si (Camat Magetan), Kapten Arm Khoirudin (Danramil 0804/01 Magetan), AKP Ika Wardani, SH (Kapolsek Magetan), Dalang Ki Winarto S.SN Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kel. Magetan, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kab. Magetan, Warga Kab. Magetan.

 

Dalang yang memimpin pertunjukan kali ini adalah Ki Winarto S.SN, seorang seniman wayang kulit terkenal dari Jawa Timur. Dengan kepiawaiannya, Ki Winarto S.SN berhasil membawa penonton terhanyut dalam cerita yang sangat dengan nilai-nilai moral dan kearifan lokal.

 

Pagelaran wayang kulit tersebut dengan judul Aji Narantaka. Aji Narantaka merupakan kesaktian yang dimiliki Gatot Kaca dan digunakan saat melawan Dursala, sang pimpinan Kurawa.Aji Narantaka merupakan kekuatan yang berasal dari kepasrahan jiwa, ketulusan hati, dan berserah diri. Gatot Kaca hanya menggunakan Aji Narantaka dalam keadaan terpaksa dan untuk membela kebenaran dan keadilan.

 

Danramil Tipe B 0804/01 Magetan Kapten Arm Khoirudin, menyampaikan harapannya agar pagelaran ini tidak hanya sekadar hiburan, tetapi juga dapat memperkuat rasa kebersamaan dan melestarikan budaya wayang kulit di tengah masyarakat. Ia juga mengapresiasi partisipasi warga yang antusias dalam acara tersebut.

 

”Diharapkan, kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan sebagai bentuk pelestarian budaya dan mempererat tali silaturahmi antar warga di Kabupaten Magetan,”ujarnya.

 

“Dengan suksesnya pagelaran ini, diharapkan akan muncul lebih banyak lagi acara serupa yang dapat mengangkat seni dan budaya lokal, serta memberikan ruang bagi generasi muda untuk mengenal dan mencintai warisan budaya nenek moyang,”pungkas Kapten Arm Khoirudin.(R 01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *