Sukseskan Program Kemenkes RI Babinsa  Kodim 1009/Tanah Laut Dampingi Tim Verifikasi Desa STBM Di Desa Bumi Asih

Daerah25 views

Tanah Laut – Sukseskan Program Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) untuk mengubah perilaku higienis dan sanitasi di lingkungan masyarakat. Serka Tri Setyo Budi Babinsa Pos Koramil Panyipatan Koramil 1009-02/Pelaihari Kodim 1009/Tanah Laut Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman dampingi tim verifikasi Desa STBM di Desa Bumi Asih, Kec. Panyipatan, Tanah Laut, Rabu (16/10/2024).

Kegiatan Verifikasi dan Monitoring STBM tersebut diselenggarakan oleh UPTD Puskesmas Panyipatan di seluruh Desa yang menjadi tanggungjawabnya meliputi Sepuluh (10) Desa dengan melibatkan pihak Kecamatan, Pemerintah Desa, Polsek dan Koramil.

Program STBM sendiri menekankan pada lima perubahan perilaku higienis yang dikenal sebagai Lima (5) Pilar STBM, yaitu: Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS), Cuci tangan dengan air menggunakan sabun, Pengolahan air minum yang aman, Pengelolaan sampah rumah tangga, Pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Dalam kesempatannya Serka Tri Budi menyampaikan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya Sanitasi serta dampak negatif yang ditimbulkan jika kebiasaan buang air besar sembarangan tidak segera dihentikan, dan meningkatkan akses tatakelola kebersihan serta kesehatan lingkungan.

“Menjalankan perintah pimpinan, dalam hal ini Komandan Distrik Militer (Dandim) 1009/Tla Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., kehadiran kami dalam kegiatan ini guna memberikan gambaran pentingnya menjaga kesehatan, yang mana harus dimulai dan diterapkan dari diri kita sendiri, lingkungan kekuarga dan lingkungan sekitar,” terang Serka Tri Budi.

“Hal ini tentunya perlu dukungan dari semua elemen baik dari masyarakat Desanya, aparat pemerintah Desa maupun Babinsa sebagai pembina Desa untuk ikut mensukseskan program STBM tersebut,” tutupnya.

(red/mask95).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *