Persiapkan Generasi Muda Yang Tangguh, Disiplin Dan Bermental Baik Personel Kodim 1009/Tanah Laut Bina Pramuka

Daerah11 views

Tanah Laut – Dalam mempersiapkan generasi muda yang disiplin, tangguh baik fisik, mental ideologi maupun spiritualnya, para Babinsa Koramil 1009-06/Kintap Kodim 1009/Tanah Laut Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman, melaksanakan pembinaan kepramukaan melalui Saka Wira Kartika yang merupakan binaan langsung Kodim 1009/Tla, Sabtu (19/10/2024).

Kegiatan mingguan rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu tersebut keanggotaannya berasal dari sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA)/sederajat yang ada di Kecamatan Kintap. Adapun tempat dan alat peralatan untuk keperluan latihan dipusatkan dan difasilitasi oleh Koramil 1009-06/Kintap.

Dandim 1009/Tla Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., melalui Danramil 1009-06/Kintap Kapten Inf Sumaryanto mengatakan bahwa kegiatan Pramuka ini merupakan gerakan Pendidikan non formal yang bertujuan untuk melatih fisik, mental dan spiritual para pesertanya sehingga menjadi benteng bagi diri mereka dari kegiatan-kegiatan negatif.

“Sebagai salah satu ekstrakulikuler yang banyak dimintai oleh Pelajar, kegiatan Pramuka merupakan pembinaan generasi muda yang mempunyai banyak manfaat bagi pesertanya dalam memberikan pendidikan karakter guna memperbaiki sikap generasi penerus bangsa serta meningkatkan rasa cinta tanah air dan sikap bela Negara mereka,” ujar Kapten Inf Sumaryanto.

Para peserta gerakan pramuka Saka Wira Kartika oleh para pelatihnya yakni para Babinsa secara bergantian dibekali dengan materi Lima (5) Krida yakni Krida Navigasi Darat, Krida Pioneer, Krida Mountainering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana Alam yang merupakan keterampilan yang wajib dikuasai oleh Pramuka Saka Wira Kartika.

Selain Lima (5) kemampuan tersebut diatas, para peserta juga dibekali dengan materi peraturan baris berbaris (PBB), materi wawasan kebangsaan dan bela negara serta pengetahuan dasar pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K).

(red/mask95).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *